Rumah Warga Desa Naas di Malaka Tergenang Air

Betun, Malaka – Beberapa rumah penduduk warga Kabupaten Malaka-NTT digenangi air akibat tersumbatnya saluran drainase yang tertimbun sertu dan sisa sisa sedimen banjir dan kotoran sampah plastik.

Akibatnya, beberapa rumah penduduk sekitar, tepatnya di dusun Koreknor, Desa Naas, Kecamatan Malaka Barat tergenang air jika terjadi hujan.

 

Hal ini dikatakan salah seorang warga dusun Koreknor, Yohanes Seran kepada Wartawan di Naas pada Rabu, 22 April 2024.

 

“Kami di Desa Naas 2 dusun tergenang air hujan karena pembuangan macet”,Ujarnya.

 

Lebih lanjut dijelaskan warga dusun koreknor itu bahwa mereka sudah berusaha membersihkan secara manual namun mengalami kesulitan karena terlalu banyak air dan timbunan sertu.

 

“Kami masyarakat sudah coba untuk bersihkan saluran tapi ada 2 jalur akhir yaitu saluran dari deker yang susah untuk dibersihkan karena terlalu banyak air dan ada timbunan sertu yang menyebabkan kami kesulitan kalau hanya menggunakan alat alat manual seadanya”, Ujarnya lagi.

 

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Desa Naas Veronika Florida Seran membenarkan Informasi tersebut.

 

“Iya benar. Kami dari pihak pemerintah desa setempat sudah berupaya semaksimal mungkin membantu tetapi kekurangan sarana sehingga hasilnya belum begitu maksimal”,Kata Isteri dari Ketua DPD PSI Kabupaten Malaka itu dengan singkat.(Nando).