Meski Hari Libur Bupati Malaka Tetap Bekerja, Tinjau Kerusakan Saluran Irigasi Bendung Benenain

MALAKA, Klikinfopol.com- Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, terus bekerja meninjau kerusakan saluran irigasi primer Bendung Benenain. Meskipun hari libur akhir pekan yaitu hari Sabtu, Bupati Malaka tetap bekerja memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya.

Sesuai pantauan media ini, Sabtu, 7 Oktober 2023 siang, Bupati Simon didampingi Kadis Pertanian Kabupaten Malaka, drh. Januaria Maria Seran, Kabid Pengairan Dinas PUPR, Hubertus Seran Nahak, Camat Malaka Tengah, Stefanus Nahak Klau dan para petugas pintu air berjalan dan menyisir saluran irigasi sepanjang wilayah Desa Kakaniuk di Kecamatan Malaka Tengah, Desa Hatimuk, Desa Lalaten, Desa Lakulo di Kecamatan Weliman.

Bupati Simon mengatakan kerusakan saluran irigasi sepanjang 165 meter akibat longsor yang menyebabkan material berupa batu dan tanah jatuh sehingga menutup saluran, imbasnya air tidak mengalir semestinya untuk menjawab kebutuhan irigasi persawahan di wilayah Kecamatan Weliman dan Malaka Tengah secara menyeluruh.

“Ini faktor alam, kita tidak bisa pungkiri dan penanganan secara darurat sudah dilakukan, sehingga airnya kembali mengalir meski debitnya sangat kurang,” kata Bupati Simon saat meninjau kerusakan saluran tersebut.

Selain itu, Bupati Simon berharap agar Dinas teknis terkait bekerja optimal dalam pengaturan air, sehingga bisa menjawab kebutuhan irigasi persawahan di wilayah Kecamatan Malaka Tengah dan Weliman.

 

Pada kesempatan yang sama, Kabid Pengairan Dinas PUPR, Hubertus Seran Nahak, di lokasi kerusakan saluran titik Dusun Boni membenarkan adanya kerusakan tersebut yang mengakibatkan debit air untuk irigasi persawahan sangat kurang. Untuk kondisi ini, Hubertus menambahkan telah dilakukan pengaturan dalam pembagian air untuk mencukupi kebutuhan secara merata di dua wilayah Kecamatan tersebut.