Masyarakat Sanleo Pro Aktif Mendukung Program Pemerintah Desa Setempat

Keterangan Foto: Swadaya Masyarakat Desa Sanleo Membangun Rabat Jalan di Dusun Hanono.

 

 

Betun, Malaka — Partisipasi masyarakat Desa Sanleo dalam rangka mendukung pemerintah setempat sangat baik. Program pemerintah Desa Sanleo, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka mendapat dukungan penuh dari masyarakat setempat dengan beberapa tindakan dan kerja nyata.

 

Bukti nyata keberpihakan mereka (masyarakat) dinyatakan melalui kerja nyata dalam rangka mendukung jalannya roda pemerintahan Desa Sanleo.

 

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang warga Desa Sanleo ketika dihubungi Wartawan pada Sabtu Malam 27 April 2024.

 

“Kami dukung penuh program pemerintah desa setempat. Setiap Jumat itu kebiasaan kami membersihkan bahu jalan umum menuju batas-batas desa”,Ujar Nita Ulu

 

Hal nyata yang bisa dilihat secara kasat mata yakni masyarakat selalu aktif di setiap hari Jumat guna membersihkan bahu jalan di sepanjang jalan umum dari batas Dusun Haroe menuju Desa Dirma.

 

Salah satu pengusaha lokal di Desa Sanleo, sebut saja Bos Oan Kiak. Melalui kreatifitasnya dengan membangun relasi yang baik bekerja sama dengan Pemerintah Desa dan masyarakat setempat mampu membuat rabat di sepanjang jalan menuju sebuah dusun (Dusun Hanono).

 

“Medan ini awalnya sangat sulit dilintasi oleh kendaraan. Namun atas kerjasama yang baik dari masyarakat dan pengusaha lokal dalam Desa akhirnya diselesaikan”,Ujarnya lagi.

 

Hal senada diungkapkan oleh Yulita bahwa, Kades Sanleo saat ini merupakan sosok pemimpin yang luar biasa karena mampu merangkul kembali yang menang hingga kalah politik Desa saat Pilkades.

 

“Dan menurut kami itu sesuatu hal yang luar biasa”, Ungkap Yunita sambil menambahkan bahwa Kades Yerem selalu proaktif di segi kegiatan kemasyarakatan serta selalu tegas kepada perangkatnya agar miliki jiwa pelayan dan terhindar dari konflik dalam Desa apalagi menjadi pencipta konflik.

 

Terpisah, Kades Sanleo, Yeremias Bano yang dihubungi Via WhatsApp membenarkan Informasi pekerjaan rabat yang dilakukan secara swadaya oleh masyarakatnya itu.

 

Ia juga menegaskan kepada perangkatnya agar jadi staf harus memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Dirinya tekankan agar mereka (para staf) harus profesional dalam melayani masyarakat dan mampu tinggalkan masalah pribadi sehingga semua kebutuhan masyarakat bisa layani secara menyeluruh.

 

“Soal staf saya tegas agar jangan ciptakan konflik di wilayah dusun sehingga kebutuhan masyarakat bisa di layani semua”, Tutup Kades Yerem.(NB).