Krisis Air Bersih di Dusun Tudus Terjawab, Kades Sanleo Turunkan Puluhan Viber

 

Betun, Malaka — Untuk mengatasi kesulitan Air Bersih di Dusun Tudus, Pemerintah Desa Sanleo menganggarkan puluhan juta dari Dana Desa pada Triwulan satu dengan nomenklatur kegiatan belanja pengadaan Viber Penampungan Air Bersih sebanyak 40 unit.

 

Tujuan dari pengadaan itu karena melihat keadaan masyarakat dusun yang sangat membutuhkan.

 

Puluhan viber penampungan air bersih itu telah dibagikan langsung oleh Kepala Desa Sanleo, Yeremias Bano kepada warga penerima di dusun tudus pada pekan lalu.

 

Dijelaskan, Dusun Tudus merupakan salah satu dusun di Desa Sanleo, Kecamatan Malaka Timur, Kabupaten Malaka. Keberadaan wilayah ini masih tergolong sangat tertinggal mengingat akses jalan ke Ibu Kota Desa/Kelurahan belum ada dan juga letak geografisnya berada di tengah-tengah hutan yang sangat sulit untuk dijangkau.

 

Lebih lanjut dikatakan, Dusun ini sangat terpencil. Mereka sangat kesulitan air bersih ketika musim panas karena sumber mata air di dataran rendah sengat kecil debitnya. Oleh karena itu kebutuhan Air Bersih disini pun menjadi perhatian utama kita

 

“Saat musdes mereka mengusulkan pengadaan Viber penampungan sehingga saat penetapan anggaran diprioritaskan untuk mereka”,Ujar Kades Yerem.

 

Agustinus Bria mengatakan, Dengan adanya pengadaan Viber penampungan air ini kami masyarakat sangat bahagia karena apa yang menjadi kesulitan kami selama ini bisa diatasi oleh pemerintah desa setempat.

 

“Kami juga bangga kerena seperti mendapat perhatian khusus dari kepala desa. Walaupun belum semua KK terbagi tetapi kami sangat berterimakasih”,Kata Agus salah seorang warga penerima Viber sambil menambahkan bahwa mereka akan pakai bersama ketika KK tertentu membutuhkan.

 

Untuk diketahui, pengadaan Viber Air Bersih tersebut menggunakan Dana Desa Sanleo senilai Rp. 56 juta dengan total barang belanjaan sebanyak 40 unit Viber.(NBS).