Ketua Dekranasda Malaka Motivasi Penari Yang Akan Tampil Pada Festival Fronteira Timor Leste

MALAKA, Klikinfopol.com – Ketua Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Malaka, Ny. drg. Maria Martina Nahak, M.Biomed memberi motivasi kepada para penari yang sedang melakukan Latihan persiapan menjelang Festival Fronteira.

Usai latihan persiapan yang berlangsung di Weleun Desa Bakiruk Kecamatan Malaka Tengah, Sabtu (11/11/23) petang, Ny. Maria Nahak memotivasi para penari agar tampil prima di Festival Fronteira yang diselenggarakan di Maliana Distric Bobonaro Timor Leste, pekan depan.

Dikatakan, latihan ini sebagai proses yang membutuhkan perhatian dan waktu yang panjang. Selama latihan, para penari tampil cukup baik. “Saya yakin, kita bisa tampil. Tampil dengan prima, meski di negara tetangga. Karena, momennya sudah beda, antar negara,” kata Ny. Maria Martina sambil menambahkan meski punya budaya yang hampir sama dan mendiami Pulau Timor, para penari harus tampil dengan baik, karena membawa nama Malaka.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH berpesan agar para pemukul gong, peronggeng, penari Likurai dan Bidu harus tetap semangat dan tampil dengan penuh keyakinan dan kesadaran diri sebagai orang MALAKA untuk mengajak Mari Lakukan kebaikan dan Kebenaran, dari Malaka Untuk Indonesia, dari Timor Leste untuk Dunia.

Para penari dilatih dan dibimbing sejumlah pendamping di antaranya Romanus Seran, SE (Kaban Kepegawaian dan Pengembangan SDM) Yohanes Bria Nahak, S.Sos (Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) dan Firmina Un Asa, S.IP, M.AP (Kabid Kebudayaan), Hendrina Lopo, S.STP, M.Si (Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata), Dra. Vianelda Nahak (pelatih) dan Elfyanti Bria, A.Md.Keb (pendamping)

Disaksikan, sedikitnya tiga jenis tarian yang akan dipertunjukkan pada Festival Fronteira yang diselenggarakan di Maliana, pekan depan di antaranya Tarian Bidu, Tala (Gong) dan Meronggeng, dan Likurai. Tiga tarian tradisional itu disebutnya tarian kreasi yang dibawakan dengan modifikasi dan kolaborasi dalam formasi huruf M yakni Malaka Membangun. (MN)