Kapolda Jatim Cek Pospam Pastikan Malam Jelang Lebaran Aman dan Kondusif

SURABAYA – Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Drs. Imam Sugianto,M.Si memastikan malam lebaran di sejumlah wilayah Jawa Timur berjalan aman dan kondusif.

Ia juga meninjau di beberpa pos pengamanan (Pospam) dan pos pelayanan (Posyan) Operasi ketupat Semeru 2024 yang berada di Surabaya dan Sidoarjo pada malam takbir hari Raya Idul Fitri 2024 bersama PJ Gubernur dan Pangdam V Brawijaya serta sejumlah Pejabat Utama Polda Jatim.

“Memastikan kondisi di Jatim khususnya di Surabaya dan Sidoarjo situasi aman dan kondusif,” kata Irjen Imam Sugianto, Selasa (9/4/2024) malam.

Lebih jauh disampaikan, bahwa pada puncak arus mudik, di Jawa Timur ada peningkatan signifikan.

Kendaraan yang masuk ke Jawa Timur diperkirakan sekitar 22 ribu kendaraan dan yang keluar 50 ribu kendaraan.

“Alhamdulillah hingga sekarang Jawa Timur yang adalah tempat mudik tapi juga pendatang yang bekerja di sini kalau kita melihat data itu banyak juga yang keluar Provinsi Jawa Timur,” kata Irjen Imam.

Ia berharap situasi ini tetap bisa dikelola dengan baik kemudian yang terpenting setelah Lebaran pada H + 1 dan H+2 akan konsentrasi di titik-titik tempat rekreasi dan jalur menuju Ketapang Gilimanuk.

“Kita akan prediksikan bahwa masyarakat Jawa Timur yang tidak merayakan lebaran termasuk yang sudah merayakan lebaran itu akan ke tempat wisata,” tambah Irjen Imam.

Untuk antisipasi hal tersebut, kata Kapolda Jatim pihaknya sudah menyiapkan personel untuk mengurai bila terjadi kepadatan.

“Mudah-mudahan tidak ada kejadian penumpukan masyarakat baik pengguna kendaraan roda empat maupun roda dua termasuk di wilayah Malang maupun Batu,” pungkas Irjen Imam.

(Nb)