Kakantah Malaka: Kami Berkomitmen Laksanakan Pelayanan Berintegritas

Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Malaka, Ridonsius Djula, S.ST

MALAKA, Klikinfopol.com –

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan berintegritas kepada masyarakat guna mewujudkan pembangunan zona integritas menuju wilayah yang bersih, transparan dan bebas korupsi”

Demikian ungkap Kepala Kantor Pertanahan (Kakantah) Kabupaten Malaka, Ridonsius Djula, S.ST saat membuka kegiatan Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas di Aula Kantor Pertanahan Kabupaten Malaka, pada Senin 20 November 2023.

Kakantah Malaka Ridonsius menjelaskan bahwa reformasi birokrasi telah memasuki fase akhir dari rangkaian periode reformasi birokrasi tahun 2010/2024 sesuai dengan peraturan presiden nomor 81 tahun 2010 tentang grand design reformasi birokrasi yang terdapat tiga fase pelaksanaan mulai tahun 2010-2014, 2015-2019 dan fase terakhir tahun 2020-2024.

Lanjut, pada fase terakhir road map reformasi birokrasi membahas tentang pemerintah yang ingin mewujudkan pemerintah berkelas dunia. Sasaran reformasi birokrasi diadakan pada tiga kondisi yaitu birokrasi yang bersih, akuntabel dan pelayanan publik yang prima. Pasalnya, dalam hal ini perlu dibangun zona integrasi pada unit lintas aktual sebagaimana dalam peraturan menteri pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 25 tahun 2020. Dan sasaran reformasi birokrasi-birokrasi tersebut menjawab hal yang menjadi prioritas Presiden RI yaitu mewujudkan pemerintah yang sederhana, simpel, lincah dan cepat.

Kakantah Ridonsius, membeberkan layanan prioritas yang dikeluarkan kementerian agraria dan tata ruang sebagai upaya meningkatkan pelayanan.

“Tujuh layanan prioritas yang diluncurkan yaitu pengecekan sertifikat, surat keterangan pendaftaran tanah (SKPT), hal tanggungan elektronik, roya manual, roya elektronik, peralihan dan pendaftaran SKH. Tujuannya, untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik serta memperbaiki indeks sumber penilaian integritas atas layanan pertanahan untuk diberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat melalui program layanan pertanahan prioritas yang dijalankan secara sistematis, efektif, efisien dan tepat waktu”,sebutnya.

Diakui Kakantah Ridonsius, Kantor pertanahan Kabupaten Malaka telah berupaya melaksanakan tujuh layanan sesuai rentan waktu yang telah ditentukan. Dalam pelayanannya, kantor Pertanahan Kabupaten Malaka ada di angka satu hari kerja dan tiga hari kerja.

Tambahnya, kecuali untuk layanan hak tanggungan elektronik yang melibatkan stakeholder atau mitra pertanahan, baik dari notaris dan pihak perbankan sehingga waktu yang dipakai 7 hari kerja.

“Kegiatan tujuh layanan prioritas kerja yang dilaksanakan pantau secara langsung oleh kementerian agraria dan tata ruang, sehingga saya bersama teman-teman berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang benar-benar berintegritas sesuai dengan tagar pertanahan yaitu pelayanan profesional dan terpercaya. Kami dari Kantor Pertanahan Malaka berupaya untuk melaksanakan kegiatan tersebut sesuai rentan waktu yang ditentukan.

“Kegiatan pembangunan zona integritas Kabupaten Malaka tahun anggaran 2023 mengambil tema mengukuhkan komitmen pada zona integritas. Oleh karena itu, kita ingin menyoroti tindakan konkrit mengukuhkan komitmen dan kita mendorong semua pihak untuk terlibat aktif dalam upaya perubahan menuju pemerintah Kabupaten Malaka yang lebih bersih dan transparan”, pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan yang bertujuan mewujudkan wilayah berintegritas, transparan, akuntabel dan bersih KKN, melibatkan dua narasumber yaitu Yohanes G. Tuba Helan, S.H.,M.H selaku pengamat hukum tata negara dan akademisi Undana Kupang, dan Darius Beda Daton, S.H selaku Perwakilan Kepala Ombudsman Provinsi NTT.

Turut hadir dalam kegiatan ini, instansi pemerintah, Kepolisian resort Kabupaten Malaka, Bank mandiri, BNI, BRI, Kepala Desa dan stakeholder terkait.