Hadiri Upacara HUT TNI Ke-78, Kapolres Malaka: ini Bentuk Solidaritas dan Sinergitas TNI-POLRI 

BELU, Klikinfopol.com –

Hadir dalam upacara HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) Ke-78, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Malaka Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rudy Junus Jacob Ledo,S.H.,S.I.K., mengatakan ini bentuk solidaritas dan sinergitas antara TNI-POLRI.

Peringatan HUT TNI Ke-78 bertema TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju. Kegiatan HUT TNI digelar di Lapangan Apel Makodim 1605/Belu, Kabupaten Belu NTT Kamis, 5 Oktober 2023.

Kapolres Malaka Rudy Ledo menyampaikan, pentingnya solidaritas dan sinergitas antara TNI dan Polri dalam menciptakan kondisi yang kondusif. upacara ini adalah sebagai wujud dukungan dalam menjaga stabilitas dan ketertiban menjelang pemilihan umum yang akan datang.

Peringatan ini merupakan bagian dari upaya TNI dan Polri untuk terus bersinergi dalam menjaga keamanan dan kedamaian di daerah, serta memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar. Upacara tersebut menjadi momen penting untuk merayakan sejarah panjang TNI dan mengingatkan pentingnya peran mereka sebagai pengawal negara dan demokrasi.

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI (HUT TNI) ke-78 tahun 2023 dipimpin oleh Komandan Kodim 1605/Belu Letkol Arh Suahardi,S.T. selaku Inspektur Upacara, bertindak sebagai Komandan Upacara Lettu Kav Muhammad Azhar, Perwira Upacara Kapten Inf Wagino.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E.,M.M dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi menyampaikan bahwa TNI telah hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia selama 78 tahun.

Berbagai ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dan tumpah darah telah berhasil diatasi dengan baik. Berdasarkan hasil survei dari berbagai lembaga survei di tanah air TNI telah mendapat tingkat kepercayaan masyarakat yang tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

“Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini. Terlepas dari kepercayaan masyarakat dan prestasi yang telah kita raih, TNI tidak boleh terlena karena beragam tantangan yang sedang dan akan kita hadapi tidaklah ringan” Tulis Panglima dalam amanatnya.

Disampaikan bahwa momentum ulang tahun ke-78 TNI, harus dijadikan sebagai bahan introspeksi untuk berbenah demi mewujudkan TNI yang profesional, modern, dan tangguh. Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema “TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju”

Tema ini mengandung makna, bahwa kekuatan TNI sebagai komponen utama pertahanan negara, berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Selain itu disampaikan, tema ini kita angkat karena salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia dalam waktu dekat adalah pemilihan umum serentak tahun 2024. Dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, pemilihan anggota legislatif serta Pilkada serentak di 548 daerah yaitu pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya.

“Kelancaran dan kesuksesan agenda pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para

prajurit TNI dituntut untuk peka dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa. TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk” Tegas Panglima TNI.

Untuk diketahui hadir dalam upacara peringatan Hari Ulang Tahun TNI (HUT TNI) ke-78 tahun 2023 Sekda Belu Johanes Andes Prihatin SE.M,Si, para unsur pimpinan Forkopimda Kabupaten Belu dan Kabupaten Kabupaten Malaka, Pimpinan OPD lingkup Pemda Belu, para Perwira jajaran TNI dan Polri, Persit Kartika Chandra Kirana, Purnawirawan TNI dan Polri, seluruh peserta upacara dan insan pers serta masyarakat.(Humas Polres Malaka)