Gelar Pasar Murah, Bupati Malaka: ini Upaya Pemda Membantu Masyarakat 

MALAKA, Klikinfopol.com – “Kegiatan operasi pasar murah ini merupakan upaya dari pemerintah Daerah Kabupaten Malaka untuk membantu masyarakat Malaka”

Demikian ungkap Bupati Malaka Dr. Simon Nahak, S.H.,M.H, usai membuka kegiatan Pasar Murah di Alun-alun lapangan umum Kota Betun, Kabupaten Malaka pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Kata Bupati Simon, risiko menghadapi krisis ketahanan pangan seperti perubahan musim yang ekstrim saat ini tentu pemerintah tidak hanya mengharapkan produk lokal saja tetapi juga membuka akses untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Menurutnya, pasar murah yang digelar bertujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan beras dengan harga yang relatif murah serta menjaga stabilisasi harga bahan pangan untuk menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok masyarakat Kabupaten Malaka.

Kita memberikan makanan gratis, harga beras murah dan lainnya semata-mata karena demi kemanusiaan. Artinya pemerintah tidak tinggal diam melihat situasi kenaikan harga beras di pasar yang mana tidak hanya terjadi di Kabupaten Malaka melainkan di seluruh Indonesia.

 

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pak Plt. Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi dan kepada semua pihak-pihak yang sudah berniat baik membantu tanah Malaka”, pungkasnya.

Bersamaan, Pelaksana tugas (Plt) Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka, Eduardus Bere Atok, S.Pi mengatakan krisis pangan dan energi yang mengguncang dunia sangat berpotensi mengganggu stabilitas sosial, ekonomi dan keamanan. Dampaknya dialami sampai indonesia dan yang paling terasa saat ini adalah melonjaknya harga pangan, terlebih beras dan kebutuhan pokok lainnya.

Lebih lanjut Edu Atok membeberkan, dasar hukum kegiatan Pasar Murah sesuai instruksi presiden melalui rapat terbatas tentang peningkatan produksi dan hilirisasi produk pangan. Kemudian instruksi presiden melalui rakor pengendalian inflasi nasional dan instruksi bupati malaka kepada OPD teknis terkait untuk melakukan langkah taktis mengatasi inflasi pangan di Kabupaten Malaka.

“Tujuannya ini untuk melindungi masyarakat kategori rentan masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dari goncangan ekonomi, menjaga daya beli dan stabilitas pasokan harga pangan serta upaya pengendalian inflasi pangan”, katanya.

Gerakan pasar murah ini memberikan kemudahan akses, dengan harga yang murah dibawah harga pasar dengan kualitas yang bermutu. Jenis barang antara lain beras, minyak goreng, sabun dan lainnya. Kegiatan dilaksanakan tanggal 06-07 oktober 2023.

Untuk pasokan Pemerintah Kabupaten Malaka mengandeng perum Bulog Subdrive Atambua, PT. Wingsfood Atambua, PT. Wingsfood Atambua, para distributor mitra kerja Pemerintah Kabupaten Malaka yakni UD. Demar betun & PT.Cipta Laku Lestari Atambua.

Jenis bahan pokok yang di sediakan dalam kegiatan operasi pasar murah yaitu Beras SPHP kemasan 5 kg dengan harga Rp. 57.500,- sebanyak 7 ton untuk operasi penjualan hari pertama.

“Guna mengakomodir animo pembelian masyarakat, maka mekanisme pelaksanaan operasi pasar murah yaitu setiap masyarakat mendapatkan satu kupon untuk mendapatkan jatah pembelian beras maksimal 10 kg (2 karung) dan kupon yang disediakan berjumlah 1.400 sesuai dengan stok beras yang tersedia yakni 14 Ton”, tutupnya.