Kades Naas Bagi Bibit Babi Hasil Swakelola Masyarakat dan Implementasi Program 3K

Exif_JPEG_420

Betun, Malaka — Pemerintah Desa Naas, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka-NTT menyalurkan bantuan Bibit Babi Pedaging kepada 150 KK Penerima manfaat pada Senin, 06 Mei 2024.

Ratusan KK Penerima Bantuan Bibit Babi Pedaging tersebut mendapat perhatian dari Pemerintah Desa Naas melalui program kerja Kepala Desa Veronica Florida Seran yang dilakukan dengan cara pemerataan kepada semua warga desa yang benar-benar layak menerima dan membutuhkan sentuhan dari pemerintah desa setempat.

Dalam sambutannya, Kades Naas menekankan beberapa point penting diantaranya adalah pengelolaan Dana Desa (DD) sebagaimana instruksikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan padat karya tunai dengan sistem swakelola masyarakat. Kemudian implementasi program pemerintah daerah setempat seperti yang sudah dilakukan oleh Bupati Malaka, Dr.Simon Nahak,SH .,MH melalui program inisiatif yang dikenal dengan Program 3K, (Kebun, Kandang dan Kolam)

“Pada intinya tahun ini kita pengadaan Bibit Babi Pedaging sebanyak 150 ekor kepada masyarakat yang mana akan direalisasikan dengan 2 metode”,Ujar Kades yang akrab disapa Veronika itu.

Mengingat, Kata dia, di Desa ini ada masyarakat kita yang punya usaha Ternak Babi, akhirnya kita musyawarah bersama dan disepakati untuk diberdayakan melalui Dana Desa dengan cara Swakelola.

“Tim seleksi dari pihak Peternakan setelah melakukan Survey Kelayakan pada bibit Babi tersebut dan dinyatakan lolos, akhirnya kita swakelola sebanyak 75 ekor”, Terangnya.

Sementara, untuk termin kedua kita menggunakan metode lelang atau pakai jasa supplier karena jumlah atau ketersediaan Bibit oleh masyarakat dalam desa pun masih terbatas.

“Karena Babi yang disiapkan masyarakat tidak mencukupi atau terbatas, maka termin kedua kita pakai jasa supplier dan itu juga sudah melalui musyawarah bersama”, Bebernya.

Lebih lanjut dikatakan, Tujuan dari kegiatan itu untuk meningkatkan keadaan ekonomi masyarakat sebagaimana yang diketahui bersama bahwa Masyarakat di Desa Naas selain Bertani, mereka juga Beternak.

Tetapi, lanjutnya, karena beberapa waktu lalu ada virus atau wabah yang menyerang ternak masyarakat secara besar-besaran sehingga banyak yang mati.

“Jadi untuk memulihkan kembali keadaan ekonomi tersebut, ini inisiatif pemerintah untuk memberikan bantuan berupa Bibit Babi Pedaging”, Terangnya sambil menambahkan bahwa Item kegiatan pemberdayaan yang bersumber dari Dana Desa Naas Tahun 2024 tersebut merupakan bentuk dukungan terhadap program-program pemerintah daerah, terkhusus program 3K yang telah dicanangkan oleh Bupati Malaka.

Kades Naas juga menitipkan harapannya agar warga penerima manfaat dari program tersebut dapat menjaga dengan baik sehingga kedepannya Pemerintah Desa tidak lagi harus menggunakan jasa supplier dari luar Desa. (NBS).